Home | About Us | Vision and Mission | Sponsor | Donator | Staff | Contact Us | Archive
Pak Bun Pak Bun Kim Bun Dalam Kenangan

Pada suatu sore hari di awal  bulan Agustus 2009, di Sekretariat  LEPBESIS  di Kaliasin-Sedau, kedatangan seorang Bapak yang sudah berusia lanjut. Bapak itu memiliki kepribadian yang sangat ramah dan bersahabat. Kedatangan Beliau bermaksud untuk mencari tahu apa yang dilakukan Lepbesis untuk masyarakat. Pertanyaan Beliau langsung menukik ke point inti, “Apa misi Lepbesis?”.

“Misi kami yakni: menyediakan beasiswa untuk anak-anak dari keluarga yang kurang beruntung yang hidup di bawah garis kemiskinan di Kelurahan Sedau Singkawang”, jelas kami.

Bapak ini memperkenalkan dirinya dengan hangat, “Saya bernama Bun Kim Bun”, tinggal di kawasan Alianyang-Singkawang”. Itulah pertama kali kami mengenal Pak Bun, demikian panggilan akrabnya, pria  kelahiran Singkawang  pada Tanggal 28 Mei 1932.

 

Sosok kepribadian Pak Bun membuat orang bangga menyebutnya sebagai suami, ayah, bapak mertua, kakek, saudara kami  dan teman kami. Pak Bun adalah orang yang sangat sederhana. Beliau memiliki  banyak teman,  disukai dan dihormati oleh para tetangganya.  Beliau seorang pendengar yang baik, tempat curahan hati banyak orang dan selalu menjadi tempat orang meminta saran. Beliau dikenal sebagai seorang yang mudah tergerak hatinya oleh belas kasihan. Banyak orang mengalami kemurahan hatinya yang siap menolong tanpa pamrih, tanpa menanti ucapan terima kasih. Beliau tidak pernah meminta pengakuan siapa pun, ataupun balasan apapun dari kebaikan yang telah didermakan. Ketika Beliau berkeinginan  untuk membantu  maka sungguh- sungguh dibantunya. 

Pada acara  penyaluran  bantuan beasiswa  untuk  anak- anak asuh Lepbesis pada tanggal 17 Agustus 2011, kami mengundang  Pak Bun dan Ny. Bun untuk  ikut menyaksikan penyaluran bantuan beasiswa. Adalah kewajiban kami, dalam acara itu kami menanyakan kepada sponsor baru tentang apa yang mendorong mereka untuk menjadi sponsor Lepbesis? Ketika kami mengajukan pertanyaan tersebut kepada Pak Bun, dengan sederhana beliau menjawab: ”Saya ingin mengembalikan sesuatu kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi untuk membangun masyarakat Singkawang menuju hari esok yang lebih baik”.

Sebagai mantan guru bahasa mandarin Beliau memahami betul kesulitan ekonomi yang dihadapi keluarga-keluarga kurang beruntung untuk menyekolahkan anak mereka. Beliau percaya tanpa pendidikan, anak-anak akan sulit meraih cita-cita mereka. Mereka adalah generasi masa depan dan akan menghadapi perkembangan teknologi yang mempengaruhi semua aspek hidupnya termasuk penyediaan lapangan pekerjaan. Sampai di usia senja, Pak Bun ternyata tetap komit terhadap profesinya sebagai pendidik. Beliau terus meng-update visinya dalam dunia pendidikan hingga akhir hayatnya.

Walaupun dalam waktu yang sangat singkat kami mengenal Pak Bun, tetapi Beliau telah menggores kesan mendalam dan mengajarkan kami banyak keutamaan berharga tentang kehidupan.  Yakni: kasih-sayang, menghargai mereka yang tidak beruntung, memberi sesuatu kepada masyarakat, berbuat kebaikan secara tersembunyi. Beliau telah memberikan suatu pemikiran yang sangat mendalam  terhadap  pemahaman kehidupan ini. Bahwa memberi sesuatu kepada mereka yang membutuhkan adalah ciri/tanda kematangan pribadi  seseorang  terhadap pemahaman  kehidupan .

Dengan sangat sedih kami mengiringi dengan doa kepergian Pak Bun, kembali ke Penciptanya pada tanggal Tanggal 14 Desember 2011 dini hari di Pontianak, Menurut rencana, Beliau akan menghadiri perayaan Natal bersama dengan anak-anak asuh Lepbesis di GKKB-Singkawang tgl 29 Desember 2011 yang akan datang, Namun Tuhan berkendak lain. Kepergiannya membuat kami, orang yang mencintai Beliau merasa kehilangan.  Namun, senyuman, kasih sayang, pandangan  hidup Beliau, adalah hal- hal selalu kami ingat dan kenang menjadi teladan pada hari ini, besok, dan selama lamanya.

Selamat jalan Pak Bun Kim Bun.

Rombongan Lepbesis Turut berduka Cita
   
memberi hormat Selamat Jalan
Email Singkawang Jakarta Sydney
sedau@sedau.org

+62 562 639 328

+6281 316 728 766 +614 1220 3683