Home | About Us | Vision and Mission | Sponsor | Donator | Staff | Contact Us | Archive
Ingin Mengembalikan Sesuatu

Pak Bun Khim Bun(Ayahanda Pak Fuidy Luckman) merasa bahagia dan bangga  dalam usianya yang senja dapat turut berpartisipasi sesuatu untuk  masyarakat.”Sudah lama saya  merencanakan ingin memgembalikan sesuatu kepada masyarakat. Sebagai bentuk partisipasi turut membangun masyarakat Singkawang menuju hari esok yang lebih baik” kata Pak Bun Khim Bun, mantan guru bahasa mandarin.

Menurut Beliau” proyek pembinaan sumber daya manusia(SDM) yang dikelola oleh Lepbesis, merupakan salah satu cara mempersiapkan anak-anak dari keluarga yang tidak beruntung itu untuk menghadapi tantangan masa depan mereka. Tanpa ada persiapan dini, melalui jalur pendidikan mereka akan sulit menghadapi perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi penyediaan lapangan pekerjaan untuk mereka dimasa yang akan datang.”

Mr&Mrs Bun Khim Bun dengan anak asuh
Mr&Mrs.Bun Khim Bun dengan anak asuh, dan staf Lepbesis
 
Pak Khim Bun memberi insentif
Pak Khim Bun memberi insentif,  supaya mereka rajin belajar

Sebagai seorang pensiunan guru bahasa mandarin dan petani, Beliau memahami betul analogi antara penyediaan bibit sayur dengan penyediaan SDM. Sukses atau tidaknya suatu panen sayur sangat tergantung dari persiapan menyediakan bibit unggul, proses menyediakan bibit yang baik adalah bagian yang sangat menentukan sukses panen.

Beliau memberi nasehat untuk  anak asuh Lepbesis sebagian besar mereka adalah anak petani. Supaya mereka lebih rajin belajar. Karena tentangan yang akan dihadapi para petani dimasa yang akan datang jauh lebih sulit daripada generasi Pak Bun ini. Perubahan cuaca yang tidak menentu,harga pupuk yang tidak stabil,penyediaan bibit tanaman yang tahan terhadap penyakit. Masalah itu akan mempengaruh pendapatan para petani.

Pak Bun mengharapkan anak-anak Lepbesis kelak menguasai ilmu dan teknologi pertanian sebagai terobosan baru untuk meningkatkan standar kehidupan pada kaum  petani. Supaya kehidupan pada petani diperbarui.

 

Menurut Bapak Fuidy Luckman, ayahnya hidup sederhana. Waktu sengangnya berkumpul dengan kawan-kawannya mendiskusikan masalah pertanian, pendidikan dan tentunya senang membahas masalah sosial terutama yayasan pemakaman. Pak Bun memimpin yayasan pemakaman di Alianyang Singkawang, yayasan tersebut sudah Beliau pimpin lebih dari 40 tahun. Sudah beberapa kali Pak Bun mengajukan keinginannya untuk mundur dari kepemimpinan supaya memberi kesempatan kepada anggota lain. Tetapi, keinginannya selalu ditolak oleh yayasan. Karena Pak Bun memiliki trampilan yang istimewa dalam memimpin dan disukai warga maka yayasan selalu menolak permohonan Beliau mundur  dari kepemimpinan.

Menurut pengakuan Bapak Fuidy, Beliau mesponsori anak asuh dari Lepbesis juga merupakan bagian dari rencana menggenapkan keinginan ayahnya yang ingin mengembalikan sesuatu kepada masyarakat sebagai bagian dari pemahaman  kehidupan.

Terima kasih Pak Fuidy Luckman atas dukungan
Terima kasih Pak Fuidy Luckman atas dukungan

Beliau juga memberikan kontribusi bagi pembagunan gedung sekolah milik Perkumpulan marga Bun/Budakasih di Sei Pinyuh.

Kami, pengurus Lepbesis dan anak –anak asuh melalui kesempatan ini ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Bun ini,yang telah memberi kesempatan dan harapan kepada anak-anak asuh kami. Tuhan memberkati.

 
Thank you Mr& Mrs Bun for your support 
Thank you Mr& Mrs Bun for your support
Mr& Mrs.Bun menyalurkan bantuannya 
Mr& Mrs.Bun menyalurkan bantuannya
 
Email Singkawang Jakarta Sydney
sedau@sedau.org

+62 562 639 328

+6281 316 728 766 +614 220 3683